MUSANG (Musyawarah Anggota)




Musyawarah Anggota atau yang kami sebut dengan MUSANG, merupakan agenda wajib yang harus kami lewati. Sebagai suatu organisasi tentu harus adanya musyawarah guna untuk memutuskan suatu perkara. PMAT merupakan sebuah oraganisasi yang tentunya harus melakukan kegiatan musyawarah.
Pada tanggal 20 Februari 2017, PMAT telah melakukan musyawarah, yaitu musyawarah anggota yang kami sebut dengan MUSANG. Musyawarah itu kami lakukan di sekretariat PMAT yang beralamat di Jl. Skip Madang No. 1872 Kec. Kemuning, lokasinya berada di belakang RSUP. Muhammad Hoesin.

Tujuan PMAT mengadakan MUSANG tentunya untuk membahas suatu agenda yang sangat penting, karena menyangkut berlangsungnya Organisasi PMAT itu sendiri. Adapaun agenda tersebut yaitu pertama, laporan pertanggung jawaban dari kepengurusan yang telah berlalu selama setahun. Kedua, penetapan AD/ART yang mana hal tersebut merupakan hal yang sangat penting, karena AD/ART merupakan sebuah landasan kemana dan bagaimana suatu organisasi itu akan berjalan. Ketiga dan sekaligus yang terkhir merupakan agenda yang sangat sangat penting, mengapa ? karena agenda yang ketiga adalah memilih dan menetapkan Ketua Umum PMAT dan wakilnya, karena suatu organisasi tanpa Ketua maka tidak akan berjalan semua rencana yang telah direncanakan.

MUSANG ini merupakan sebuah sidang pleno, yang mana dalam setiap sidang pasti ada yang namanya pimpinan sidang, dan sidang pleno yang kami lakukan pada tanggal 20 Februari dipimpin oleh presidium sidang I yaitu Saefudin serta didampingi oleh presidium sidang II yaitu Suherman dan presidium sidang III yaitu Angga Syaiful Amri.

Musyawarah Anggota yang kami lakukan pada tanggal 20 Februari dapat kami katakan berjalan dengan lancar, meskipun banyak terdapat perbedaan pendapat di antara para peserta sidang mengenai suatu permsalahan. Namun, hal tersebut merupakan suatu yang sangat wajar dalam sebuah masyawarah, karena dari adanya perbedaan pendapat itulah harus diadakannya suatu musyawarah. Banyak terjadi perdebatan sengit antar peserta sidang sehingga pimpinan sidang berkali-kali harus mengambil langkah loby guna untuk menyatukan perbedaan pendapat yang ada, bahkan tak jarang pimpinan sidang harus melakukan voting, karena langkah loby tak berhasil menyelsaikan permasalahan.

Perbedaan pendapat antar peserta mengakibatkan musyawarah yang kami lakukan berlangsung selama beberapa hari, MUSANG kami lakukan pada hari senin tanggal 20 Februari dan berakhir pada hari kamis tanggal 23 Februari 2017. Benar-benar kegitan yang sangat menguras waktu dan energi, namun kami sangat senang karena dalam kegiatan seperti inilah kita bisa belajar yang namanya musyawarah. Siapa tau di antara kami, Anggota PMAT ada yang menjadi anggota dewan ataupun suatu pekerjaan yang mulia lainnya, Aamiiin yarobal alamin.

Pada akhirnya kegitan MUSANG ini telah memilih dan menetapkan seorang Ketua Umum PMAT dan wakilnya yang baru untuk periode 2017-2018. Subuah nama dari seseorang yang kami harapakan bisa membawa PMAT menjadi sebuah organisasi yang lebih baik, yang tentunya bisa bersaing dengan organisasi kampus lainnya. Beliau adalah Ambo Illak, seorang mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang dari Fakultas Adab dan Humaniora jurusan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) angkatan 2015.  Dan seorang wakil yang bernama Toni Eka Pratama dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam.

Semoga dua nama tersebut mampu mengemban tanggung jawabnya dengan penuh amanah, sehingga visi dan misi dari PMAT bisa tercapai serta mampu membawa PMAT menjadi lebih baik. 

Dokumentasi:

Pembacaan Susunan Acara oleh MC
Pembacaan Susunan Acara oleh saudara Angga Syaiful Amri sebagai MC

Menyanyikan Lagu Mars PMAT
Peserta sedang menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Transmigrasi dan Mars PMAT


Sambutan Ketua Pelaksana
Sambutan oleh Toni Eka Pratama selaku Ketua Pelaksana MUSANG

Sambutan oleh Pembina
Sambutan oleh Andi Zulfikar Ake, S.P sekaligus membuka acara MUSANG, beliau selaku pembina PMAT
Pembacaan Doa
Pembacaan Doa penutup oleh Abdul Maruf
Calon Presidium Sidang
Calon presidium sidang
Presidium Sidang
Presidium Sidang terpilih pada kegiatan MUSANG 2017
Laporan Pertanggung Jawaban periode 2015-2016
Laporan Pertanggung Jawaban oleh Ketua (Wisnu Susilo) dan Bendahara (Sundari Pipit Marisa) PMAT periode 2015-2016
Kandidat Ketua PMAT
Kandidat Ketua Umum PMAT periode 2017-2018
Ketua dan Wakil Ketua Terpilih
Ketua Umum (Ambo Illak) dan Wakil Ketua (Toni Eka Pratama) Uumu PMAT periode 2017-2018
Foto Bersama Ketua dan Wakil Ketua Terpilih
Foto Bersama Ketua dan Wakil Ketua Terpilih periode 2017-2018
Foto Bersama Ketua dan Wakil Ketua Terpilih periode 2017-2018
Foto Bersama Ketua dan Wakil Ketua Terpilih periode 2017-2018

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "MUSANG (Musyawarah Anggota)"